Search Animal Husbandry

Lijit Search

Kolam Ikan Nila


Animal husbandry Facts, information, pictures Kolam Ikan Nila From Animal Husbandry. Get information, Kolam Ikan Nila facts, and pictures about animal husbandry, category , Make research projects and school reports.

about animal husbandry easy with Kolam Ikan Nila Responsible for livestock production.

The growth and development of the Animal Husbandry Kolam Ikan Nila From category , Below : Product Details : Kolam Ikan Nila

Kolam Ikan Nila
Rencana Pembuatan Kolam Ikan Pembesaran

Pembuatan kolam nila dapat dibuat dengan bermacam-macam ukuran tergantung dari minat dan lokasi tempat pembuatan. Minat maksudnya, anda dapat membuat dengan model apapun yang anda suka; model segi empat, model melingkar, model memanjang ataupun model segitiga. Lokasi; jika anda beternak nila dipekarangan rumah mungkin kolam anda tidak akan luas kecuali halaman anda memang besar dan airnya banyak. Model dan lokasi dimana saja tidak masalah yang penting ketersediaan air memadai.

Sebelum anda membuat kolam sebaiknya anda merencanakan berapa banyak ikan yang ingin anda pelihara dengan demikian anda dapat menghitung berapa banyak ikan yang dapat menampung dalam satu kolam dengan. Misalnya anda ingin beternak nila sebanyak 10.000 ekor. Berapakah luas kolam yang harus anda bangun untuk menampung ikan sebanyak itu, dan berapa buah kolam seharunya yang harus disiapkan?

Pembuatan kolam berukuran 10mx10m dengan kedalaman 70cm jadi luas isi 100 m2. dan ikan yang di tebar sebanyak 50.000 ekor dengan panjang ikan 4-5cm. kolam yang digunakan adalah kolam beton. Pemberian pakan 3 kali sehari. Pakan ikan timbul atau apung. Ketika ikan semakin besar dan mencapai berat 90 gram /ekor atau panjang 12-15cm jumlah ikan dikurangi setengah dan dibesarkan dalam kolam terpisah dengan luas kolam yang sama namun air dalam kolam dinaikan 1 meter-1.5 meter. Sumber air yang digunakan adalah air pompa. Dan setiap kolam terdapat dua pancuran. Air pancuran menghadap menyamping sehingga air dalam kolam berputar dan pintu keluar air dibuat tepat di tengah kolam.

Jumlah ikan dalam kolam beton dan kolam ikan tanah tidaklah sama. Jika luas kolam tanah luas 10x10 ditebar ikan sebanyak 50.000 ekor mungkin akan beresiko tinggi karena jumlah itu tertalu padat. Umumya kolam tanah akan selalu keruh jika jumlah ikan berdesak-desakan dalam kolam, air keruh menghambat pertumbuhan ikan dan lebih sering menjadi sumber penyakit ikan.

Untuk kolam tanah 1x1m dapat menampung ikan 150-250 ekor ikan berukuran panjang 3-5 cm atau ikan sebesar duajari. Jika ikan mencapai berat 90-100 gram / ekor maka jumlah ikan dalam kolam itu harus dikurangi sampai kira-kira 50%. 1x1m kolam dapat menampung 100-150 ekor. Jumlah ini sama juga dalam penerapan ikan dalam jaring apung. Jika anda ingin membesarkan ikan lebih dari 250 gram /ekor maka anda juga harus menggurangi jumlah ikan dalam kolam itu sampai 50%.

Pada gambar dibawah beternak ikan nila sistem apung. pendederan dan pembesaran dapat dilakukan pada jaring sehingga ikan tidak menyentuh tanah dan kualitas air tetap terjaga.
Cara Membuat Kolam Apung Dalam Kolam Besar

Ikan nila hidup baik di kolam dangkal antara 30-50 cm. Namun akan lebih baik jika nila dipelihara pada kolam yang lebih dalam antara 75-150 cm, hal ini memungkinkan ikan hidup lebih leluasa dan ikan dapat bertumbuh menjadi besar. Untuk kolam dangkal sebaiknya digunakan untuk pendederan. Pendederan tidak memerlukan kolam yang dalam agar pemberian pakan tidak mubasir. Kolam dangkal memudahkan pemberian pakan dan pemantauan pertumbuhan larva menjadi anak ikan. Dan memudahkan untuk memindahkan anak ikan. Jika kolam terlalu dalam akan tidak efesien dalam pemindahan anak ikan.

Pendederan apung adalah cara yang lebih mudah untuk mengontrol pertumbuhan larva. Alat-alat yang diperlukan dalam pendederan apung antara lain:

*

jaring 3x3x3 meter persegi (kelambu)
*

mata jaring 1-1.5 mm
*

tiang dari besi atau kayu
*

tali


Pembuatan kolam ikan sistem jaring di kolam besar

cara membuatnya. Tancapkan tiang besi atau kayu di empat sudut sama panjang dan lebar. Ikat setiap ujung jaring yang kuat pada empat ujung jaring ke tiang-taing itu. Tiang besi ditancapkan ketanah sampai tiang itu cukup kuat menahan beban goyangan.

Benih ikan yang siap dibesarkan dalam kolam apung

Pembesaran ikan nila dengan kolam apung


Jika pembuatan kolam pendederan ini pada kolam biasa sebaiknya kolam ini dalam keadaan kering agar proses pembuatan kolam jaring untuk pendederan ini mudah diranjang.

Berilah lima pemberat pada empat sudut dasar jaring dan satu dibagian tengah. Dengan pemberian pemberat jaring tidak akan mengambang ke permukaan air. Bagian jaring yang tidak tenggelam antara 30-50 cm berada di permukaan air, menjaga tidak keluarnya larva atau masuknya ikan besar kedalam jaring.