Search Animal Husbandry

Lijit Search

Pendederan Ikan Nila (tilapia)


Animal husbandry Facts, information, pictures Pendederan Ikan Nila (tilapia) From Animal Husbandry. Get information, Pendederan Ikan Nila (tilapia) facts, and pictures about animal husbandry, category Make research projects and school reports.

about animal husbandry easy with Pendederan Ikan Nila (tilapia) Responsible for livestock production.

The growth and development of the Animal Husbandry Pendederan Ikan Nila (tilapia) From category Below : Product Details : Pendederan Ikan Nila (tilapia)


Pendederan adalah Pemisahan larva dengan induk betina maupun jantan. Pemeliharaan larva ini dimaksudkan untuk disiapkan menjadi anak-anak ikan yang cukup besar yang dinamakan benih.

Induk nila betina dan bibit ikan nila. Anak nila berumur 4-7 hari

Pemeliharaan pendederan awal ini berlangsung satu sampai satu setengah bulan. Pendederan ini, diharapkan dapat mencapai ukuran 3-4 cm atau berat 9-12 gr.

Pemindahan larva pada kolam pendederan ini dimulai ketika usia larva 5-7 hari. Tangkaplah larva yang sudah berbentuk ikan kecil. Besar ikan kecil ini sekitar panjang 3-5 mm atau berusia 5-8 hari sejak telur menetas. Pindahkan pada penampungan khusus; di bak beton, jaring kelambu atau happa. Ukuran kolam semen kecil bisa panjang, lebar, tinggi: 1mx1mx50cm. atau bisa juga dibuat lebih besar. Penampungan sebesar 1x1x50cm dapat menampung 20.000-50.000 ekor larva. Pemeliharaan pada penampungan ini tidak lebih dari sebulan karena akan terlalu sesak buat ikan yang semakin bertumbuh besar.

Berikan pakan berprotein tinggi yang berbentuk tepung 4-5 kali sehari masing-masing satu sendok teh pakan ikan berbentuk tepung atau yang dicairkan. Cara mudah untuk memberi pakan berprotein tinggi adalah: rebuslah satu butir telur dan ambil bagian kuningnya saja, larutkan merata dalam 500 ml atau 1/2 liter air. Masukkan dalam botol semprotan kecil dan semprotkan 100 ml ke dalam kolam pendederan untuk sekali makan. Aturlah waktu setiap 2 atau 3 jam sekali. Satu larutan kuning telur dapat memberi makan 100.000 ekor anak ikan. Sangat murah bukan.

Anda mungkin pernah mendengar JANTANISASI atau MONOKULTUR nila . Proses jantanisai nila dimulai pada saat pendederan. Pakan halus untuk makanan larva ini hanya ditambahkan campuran hormone 17 alpha methyltestosteran. Pemberian hormone ini diberikan selama 17 hari sampai 21 hari maka lebih dari 95 % larva akan menjadi benih nila jantan.

Jika anda ingin membuat pakan untuk anak ikan nila, anda dapat melakukan dengan cara di atas, memberikan kuning telur. Atau jika anda tidak ingin repot belilah pakan untuk anak ikan yang berprotein tinggi. Jika anda ingin membuat anak ikan semua jantan, cobalah mengunakan hormone 17 alpha methyl.

Bayangkan jika anda memiliki 100.000 ekor ikan nila dan 4 bulan kemudian kurang 50.000 ekor yang bisa dijual, karena yang 50.000 ekor adalah betina. Seperti anda mungkin ketahui ikan nila betina selalu kalah cepat berkembang dari nila jantan. Jantan lebih cepat bertumbuh 40%. Nila betina membutuhkan 6 bulan, dan jantan hanya 4 bulan untuk mencapai berat yang sama. Perbedaan 2 bulan bukan masalah yang kecil jika anda memberi pakan yang mahal.

Anda dapat memperkirakan berapa kerugian dan kehilangan modal yang tidak kelihatan dari selisih pertumbuhan nila jantan dan betina dan biaya produksi yang dikeluarkan. Mungkin jutaan bahkah puluhan juta rupiah kerugian anda dan akan terus jika anda memberi pakan kepada ikan betina dan anak-anaknya yang anda sendiri belum tahu jelas kapan mereka akan dipanen. Tentu ini akan mengancam usaha budidaya nila anda. Seperti yang dialami oleh banyak pembudidaya nila lainnya.

Ada solusinya. Gunakan hormone untuk mengubah ikan betina menjadi ikan jantan sejak larva. Pembudidaya ikan di luar negeri seperti Thailand, philiphin USA telah mengunakan hormone ini sejak puluhan tahun lalu. Dan itu sebabnya usaha budidaya mereka berhasil. Hormone memang mahal tapi sebenarnya tidak jika yang diternak ratusan ribu ekor. Perkilo hormone ini dapat memberi makan lebih dari 500.000-1jt. ekor larva.

Namun ada desas-desus dengan pengunaan hormone ini dengan kesehatan. Selama ini belum cukup bukti untuk gangguan kesehatan dan korban bagi mereka yang mengkonsumsi nila yang diberikan pakan berhormon.

Sekarang pilihan di tangan anda. Pendederan alami yang lumayan atau pendederan yang meledakkan kantong anda 6 bulan kemudian. Kedengarannya sulit dipercaya. Cobalah sendiri.